Laman

Minggu, 27 Januari 2013

Cara memandikan hamster menggunakan air

memandikan hamster menggunakan air ?? apakah aman ??
 salam para pembaca, yah bagi yang suka sama hamster atau sekedar hoby atau bahkan yang ingin berternak hamster berikut ini saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam hal memandikan hamster dengan air.
pada sebagian blog mengatakan bahwa sangatlah berbahaya jika kita memandikan hamster menggunakan air, karena hamster lemah terhadap air. memang betul dan tidak salah tapi jika kita tau caranya yang baik maka kita bisa saja memandikan hamster kita dengan menggunakan air, tapi jika anda masih ragu dan takut hamster anda kenapa-kenapa maka SAYA TIDAK MENYARANKAN BAGI YANG RAGU-RAGU, BOLEH ANDA TIRU DAN BOLEH JUGA ANDA TOLAK.
jadi gini hamster saya malahan setiap minggu mandi pake air tapi sampai sekarang sehat-sehat saja tuh malah bulunya halus dan pastinya BEBAS KUTU.
dan jika anda masih tidak yakin lagi maka anda sebaiknya memandikan hamster anda menggunakan pasir zeloit atau pasir khusus hamster biasanya banyak di toko hewan, bahkan teman saya lebih cenderung memandikan hamsternya menggunakan bedak bayi, gak apa-apa sih kan tiap orang berbeda, banyak sekali opsi untuk memandikan hamster anda salah satunya cara saya ini, jadi jika yang berminat atau sekedar ingin tau segera baca yah :)

Alat-alat yang perlu di persiapkan
1. toples yang cukup tinggi kira-kira setingi apapun asalkan hamsternya tidak keluar

2. pasir zeloit atau pasir untuk hamster, bisa juga mengunakan serbuk  tapi lebih baik pasir            saja

3. shampo hewan kalau gak ada yah sampo bayi saja yang tidak pedih di mata

PENTING
1. mandikan hamster yang sudah dewasa (2 bulan ke atas) karena jika hamster yang lebih  muda maka resiko negatif akan lebih besar.

 2. disanrankan memandikan pada air yang mengalir alias menggunakan keran agar lebih efektif dan lebih mudah

cara memandikanya sangat simpel yaitu :
1. siapkan toples yang berisi pasir tadi

2. ambil hamster anda kemudian berikan dia shampo secukupnya, dan jangan di basahin dulu

3.jika telah anda beri shampo segera ratakan ke tubuhnya dan disarankan hindari daerah wajah dan dalaman kuping

4. jika sudah cukup rata jalankan keran air anda dengan kecepatan yang tidak kuat namun tak terlalu pelan alias sedang-sedang saja

5. segera mandikan hamster anda serta gosok bulunya mengunakan jari anda. kemudian jangan terlalu lama paling lama sekitar satu menit 30 detik

6. posisi tangan anda harus selalu di depan hamster karena jika hamster yang sedang dimandikan akan selalu mencoba kabur dari tangan anda maka di usahakan tangan anda harus selalu bergantian berada di depan wajahnya.

7.  nah ini cukup penting juga pastikan jarak hamster di tangan anda dengan permukaan di bawah baik lantai atau apapun itu tidak terlalu tinggi, karena hamster sewaktu-waktu langsung melompat walaupun jarak dari atas ke bawah tinggi

8.jika sisa shampo sudah tidak ada maka segera letakan hamaster anda pada toples tadi

9. jika hamster sudah cukup kering, setengah kering atau kering total boleh anda pindahkan ke kandangnya

yah gak terlalu rumit sih  tapi hamster yang habis mandi dan basah memang terlihat sangat kasihan :( tapi demi kesehatanya juga sih
berikut ini beberapa alasan mengenai cara di atas harap di baca juga
1. hamster dewasa daya tahan tubuhnya lebih kuat dari hamster yang masih muda

2. saya sengaja menggunakan toples agar tidak banyak angin dari luar yang masuk

3. penguanaan pasir lebih baik karena pasir lebih efektif menyerap air sehingga jika hamster kita basah maka pasir yang menempel pada bulunya dapat masuk hingga ke dekat kulit untuk menyerap air

4. hamster basah yang penuh dengan pasir mungkin terlihat seperti menyiksa tapi pasir mrupakan opsi terbaik karena alasan sebelumya

5. disarankan menggunakan shampo bayi karena pengalaman saya setiap menggunakan sampo bayi tidak terjadi hal-hal negatif.

6.memandikan hamster mengunakaan air yang mengalir bertujuan juga agar sisa shampo langsung larut ke bawah tanpa mengenai daerah wajah dan lebih mudah juga penggunanya

memang hasil awal sehabis mandi memang terliahat buruk,bayangkan saja hamster basah yang berlumuran pasir, tapi lihat hasil akhirnya dijamin hamster anda wanggi dan bulunya halus
sekali lagi cara ini boleh anda coba dan boleh juga tidak anda coba

berikut ini foto hamster saya sehabis mandi
 ini ketika dia sudah cukup kering dan saya menggunakan rambut jagung kering agar sisa air dapat di serap lebih lagi sehingga hamster bisa segera ke kandangnya lagi tanpa basah :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar